ALTERNATIF PENGALIHAN PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Merujuk surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Pendidikan Tinggi) Nomor 302/E.E2/KR/2020 tentang Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan, hal-hal yang mendukung pengalihan penelitian skripsi adalah (poin 3) penelitian tugas akhir selama masa darurat ini agar diatur baik metode maupun jadwalnya, disesuaikan dengan status dan kondisi setempat. Selain itu, hasil sharing Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) dan KPBI (Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia) juga memberikan alternatif penelitian yang bisa dilakukan yakni penelitian studi pustaka atau penelitian berbasis literatur dan data sekunder.

Sejumlah alternatif pengalihan penelitian skripsi bagi mahasiswa yang sudah terlanjur menyusun proposal/intrumen penelitian dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, peneltian pengembangan (R & D), dan survey, secara rinci sebagai berikut :

  1. Jenis penelitian awal : Kuasi eksperimen dengan perlakuan model /media/ bahan ajar lainnya.

Alternatif pengalihan Jenis penelitian :

  • Studi literatur tentang model /media/ bahan ajar lainnya
  • Studi literatur tentang variabel terikat yang sudah difokuskan sebelumnya
  • Bagi yang sudah menyelesaikan perangkat pembelajaran dan sudah siap untuk dikuasikan, dapat dialihkan ke penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan tambahan materi yang lebih sebelumnya (lebih dari 1 KD yang materinya sejenis). Perangkat pembelajaran tersebut nantinya harus di validasi oleh para ahli (data identitas ahli dilampirkan).

Pandemi covid-19 menimbulkan dampak pada proses belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi. Hal tersebut juga akan berdampak pada penelitian skrispi mahasiswa karena mayoritas subjek penelitian mahasiswa pendidikan biologi adalah siswa, guru, fasilitas/kegiatan sekolah lainnya. Adanya kebijakan lockdown kegiatan di sekolah dalam masa pandemi covid-19 ini, tidak memungkinkan mahasiswa observasi lapangan untuk pengambilan data. Oleh karena itu metode skripsi harus diubah dengan memperhatikan beberapa kebijakan yang ada.

2. Jenis penelitian awal : Penelitian dan Pe-ngembangan (R & D)

Alternatif pengalihan Jenis penelitian :

  • Studi literatur tentang media pembelajaran yang sudah direncanakan sebelumnya
  • Bagi yang sudah mengembangkan media pembelajaran (proses pengembangan sekitar 50% – 100%) dapat tetap melanjutkan pengembangannya, proses validasi disarankan untuk online, dan uji keterbacaan atau kepraktisan yang membutuhkan subjek sejumlah guru dan siswa dapat dilaksanakan secara online.

3. jenis penelitian awal : Survey

Alternatif pengalihan Jenis penelitian :

  • Studi literatur tentang topik survey yang direncanakan sebelumnya
  • Bagi yang sudah mengembangkan instrumen survey, dapat tetap melanjutkan penelitiannya dengan cara survey online menggunakan platform yang mendukung.

Mahasiswa yang ingin mengubah total jenis penelitian sebelumnya menjadi penelitian studi literatur, diperkanankan dan langsung di konsultasikan dengan pembimbing. Bagi mahasiswa yang belum memiliki judul skripsi dapat memilih jenis skripsi studi literatur tentang isu hangat dalam dunia pendidikan di indonesia, khususnya pendidikan biologi.

Adanya alternatif ini bertujuan untuk:

  1. Mengatasi kendala penelitian skripsi saat pandemi covid-19
  2. Membantu mahasiswa untuk tetap dapat lulus tepat waktu
  3. Mempertahankan penelitian skripsi dengan tanpa mengurangi kajian dan metode ilmiahnya.

Demikian alternatif pengalihan penelitian skripsi Mahasiswa Pendidikan Biologi untuk dapat bergerak cepat dalam pengalihan ini sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik, serta pelayanan mahasiswa lulus tepat waktu dapat tercapai. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan pada kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.