Tips merawat kuku agar sehat dan indah

Tips merawat kuku agar sehat dan indah -Merawat kuku agar sehat dan indah itu penting. Kuku adalah bagian yang menutupi bagian dorsal dari ujung jari tangan dan kaki pada manusia, sebagian besar primata dan sebagian kecil mamalia. Kuku meruapakan derivate epidermis kulit yang mengalami penebalan.

Kuku tersusun dari lempeng kuku (plate nail), matriks kuku, bantalan kuku, dan lengkungan yang mengelilingi kuku. Kuku yang sehat memiliki fungsi melindungi falang distal, ujung jari, dan jaringan lunak sekitarnya dari cedera. Selain itu kuku berfungsi sebagai penangkis ketika akhir jari menyentuh obyek, sehingga meningkatkan sensitivitas ujung jari, meskipun tidak ada saraf ujung di kuku itu sendiri.

Agar kuku tetap sehat dan indah, seseorang perlu memperhatikan hal berikut:

  1. Rutinlah memotong kuku jari jika sudah panjang. Karena kuku yang panjang mudah terkena kotoran dan kotoran mudah terkena makanan yang dipegang sehingga menimbulkan penyakit.
  2. Rajin cuci tangan dengan sabun. Terutama bagi yang suka merawat kukunya tetap panjang. Kotoran yang berada dicelah-celah kuku akan hilang dengan cuci tangan.
  3. Bagi yang suka dengan eksotisme kuku dengan pengecatan, maka sebaiknya memilih cat yang mudah dibersihkan dan tidak permanen. Karena cat yang sulit dihilangkan cenderung berbahaya/ merusak kuku.
  4. Menggosok kuku dengan lidah buaya atau dengan belimbing wuluh agar terlihat bening dan indah.
  5. Memperbanyak minum air putih
  6. Mengkomsumsi makanan mengandung kalsium, seperti sayuran, susu, dan buah-buahan

Pada manusia, kuku tumbuh pada tingkat rata-rata 3 mm per bulan (seperti bentuk rambut). Kuku  memerlukan 3 sampai 6 bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya. Tingkat pertumbuhan kuku tergantung pada usia, jenis kelamin, musim, olahraga, diet, dan faktor turun-temurun. Kuku tumbuh lebih cepat di musim panas daripada di musim lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *