Beasiswa Buat Kamu yang Masuk Semester 5

Beasiswa Buat Kamu yang Masuk Semester 5 -Belajar Bersama Bang AFIM adalah program bersama antara PPI Montpellier, Asosiasi Persaudaraan Indonesiano-Francais-AFIM, Association Humanitaire Internationale-AHI.

Seperti dilansir dari BEM FIK UI, Program bantuan ini ditujukan bagi mahasiswa S1 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah memasuki semester 5, memiliki prestasi akademik yang baik, bermotivasi tinggi, belum pernah menerima bantuan 3B AFIM, tetapi memiliki keterbatasan untuk membiayai proses perkuliahannya.

Lebih lanjut Bentuk beasiswa unik ini dijabarkan dalam pemberian biaya SPP, biaya hidup bulanan, pembelian buku/referensi kuliah. Selain itu Pelajar PPI Montpellier secara langsung menjadi kakak angkat dalam rubrik bimbingan akademis seperti akses referensi penunjang perkuliahan sekaligus menjadi inspirator dan motivator untuk lanjut studi.

Jadwal Pelaksanaan

Status PendaftaranMasih Dibuka
Periode Pendaftaran17 Januari 2016 s.d. 01 April 2016
Pengumuman Seleksi Tahap I3 April 2016
Pengumuman Seleksi Tahap II1 Mei 2016
Pengumuman Akhir26 Juni 2016

Persyaratan

1. Pemohon wajib mengisi secara lengkap formulir dan harus diisi dengan sebenar-benarnyaLink Formulir Online
2. Pemohon diwajibkan untuk mengirimkan dokumen pendukung kepada PPI Montpellier melalui email ke alamat afim.montpellier@gmail.com dengan subject "afim2016_namapemohon" dengan besar file maksimal 10Mb. Dokumen pendukung meliputi: Foto terbaru berwarna, Kartu Tanda Penduduk, Kartu mahasiswa, Kartu Keluarga , Transkrip nilai dari semester 1 hingga sekarang, Surat motivasi 1 halaman, Surat keterangan tidak mampu orang tua/wali dan atau tagihan PBB tahun terakhir rumah orang tua/wali dan atau tagihan listrik bulan terakhir rumah orang tua/wali, Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun yang ditandatangani oleh pihak kampus (fakultas), Sertifikat pendukung
Dokumen yang dikirimkan tersebut bisa dalam format .JPG atau .PDF dengan catatan dokumen dapat terbaca dengan jelas.
3. Semua dokumen yang akan dikirimkan tersebut disimpan dalam 1 file folder berformat .RAR atau .ZIP dengan nama file folder "afim2016_namapemohon".
4. Dokumen yang tidak lengkap tidak akan diproses dan dinyatakan gugur

Hal yang Sering Ditanyakan (FAQ), seperti yang dilansir dari ppimontpellier.org adalah sebagai berikut:

Q: Bagaimanakah saya mendaftar program bantuan ini?
A: Anda dapat mendaftar program ini dengan cara mengisi secara online form pendaftaran DISINI kemudian mengirimkan dokumen pendukung seperti yang disyaratkan secara elektronik ke afim.montpellier@gmail.com

Q: Apakah mahasiswa perguruan tinggi swasta bisa mendaftar program ini?
A: Tidak.  Sampai dengan saat ini, program bantuan ini mensyaratkan mahasiswa minimal semester 5 pada perguruan tinggi negeri.  Namun demikian, kedepannya akan kami pertimbangkan untuk menerima pemohon dari mahasiswa perguruan tinggi swasta terutama yang telah terakreditasi oleh BAN PT Dikti.

Q: Apakah jika saya yang telah menerima beasiswa dari pihak lain bisa mendapatkan bantuan ini?
A: Tidak.  Sampai dengan saat ini, bantuan ini ditujukan bagi mahasiswa yang belum menerima beasiswa dari pihak manapun.

Q:  Bagaimanakah tahapan seleksi program ini?
A:  Ada tiga tahap dalam program ini. Tahap pertama berupa seleksi administrasi, tahap kedua berupa seleksi akademis dan potensi, dan tahap ketiga berupa wawancara.

Q:
Bagaimanakah seleksi administrasi dilakukan ?
A: Kami akan melakukan penyeleksian secara administrasi terhadap berkas permohonan yang masuk. Kekurangan dokumen yang dipersyaratkan akan menyebabkan tidak diprosesnya berkas permohonan lebih lanjut dan otomatis dinyatakan gugur.

Q: Bagaimanakah seleksi akademik dan potensi dilakukan?
A: Kami akan melakukan penilaian secara menyeluruh berdasarkan dokumen yang dikirimkan oleh tiap pemohon.  Pada tahap ini kami akan menganalisis secara menyeluruh data dan potensi akademis serta hal lain terutama terkait motivasi dan kemampuan ekonomi pemohon.

Q: Bagaimanakah seleksi wawancara dilakukan?
A: Kami akan melakukan wawancara secara langsung dengan pewawancara yang ditetapkan oleh kami.  Kami akan menyampaikan secara lengkap tahapan wawancara lewat email termasuk didalamnya nama pewawancara, lokasi dan waktu wawancara, dan sebagainya.  Jika memungkinkan, kami akan melakukan wawancara secara online melalui Skype.

Q: Berapakah besarnya bantuan yang diberikan oleh program ini?
A: Besarnya bantuan bervariasi tergantung dari hasil penilaian kami terhadap kebutuhan pemohon.  Namun demikian, secara umum bantuan ini berupa subsidi untuk pemberian biaya SPP, biaya hidup bulanan, dan pembelian buku/referensi kuliah selama satu tahun akademik.

Q: Bagaimanakah mekanisme pemberian bantuan program ini?
A: Kami akan mentransfer bantuan secara langsung melalui rekening masing-masing pemohon yang dinyatakan sebagai penerima bantuan ini.

Q: Bagaimanakah pemohon mengetahu jika lolos pada tiap tahapannya?
A: Pemohon yang lolos pada tiap tahap akan diberitahukan melalui emailnya masing-masing dan akan diumumkan pada website kami.  Pada tiap tahapannya berlaku sistem gugur dan keputusan kami tidak dapat diganggu gugat.

Jika terdapat hal lain yang belum jelas, silakan menghubungi kami melalui email afim.montpellier@gmail.com. Sekian artikel mengenai Beasiswa Buat Kamu yang Masuk Semester 5. Semoga bermanfaat, jangan lupa sebarkan ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *